Senin, 06 Maret 2017

Mengenal Arti Ilmu Pengetahuan

Bicara tentang ilmu pengetahuan tentu sudah tidak aasing di telinga kita. Sejak duduk di bangku sekolah, kita sudah dibekali dengan berbagai macam ilmu pengetahuan. Namun sebenarnya apakah kita sudah bisa mendefinisikan makna dari ilmu pengetahuan? Jika belum, mari sama-sama belajar di sini ya 😊

Pengertian Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan ialah hasil yang diperoleh dari aktivitas membaca, menelaah, belajar, serta memahami peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Jadi ketika kita sudah melakukan aktivitas di atas, kita akan memperoleh hal baru yang disebut dengan istilah ilmu pengetahuan. Ada banyak objek yang biasa digunakan untuk membahas ilmu pengetahuan, misalnya ilmu pengetahuan bidang sosiologi, bidang antropologi, bidang komunikasi, bidang psikologi, dll.

Ilmu pengetahuan berasal dari dua kata yakni ilmu dan pengetahuan. Ilmu berarti segala upaya sadar yang dilakukan manusia guna menyelidiki, meneliti, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia terkait berbagai kenyataan yang terjadi. Sementara itu, pengetahuan berarti informasi yang sudah diolah dan diproses unutk mendapatkan sebuah pemahaman, pembelajarn, serta pengalaman yang terakumulasi. Disebutkan oleh Moh. Hatta, ilmu pengetahuan merupakan sebuah studi teratur mengenai pekerjaan humum yang bersifat umum. Serta juga mempelajari sebab akibat tentang segala fenomena yang terjadi.

Karakteristik Ilmu Pengetahuan

Tidak semua jenis pengetahuan  bisa disebut dengan ilmu pengetahuan, hal ini dikarenakan sebuah pengetahuan harus memenuhi beberapa syarat untuk dapat disebut sebagai ilmu pengetahuan. Syarat yang dimaksud adalah mempunyai objek material dan formal. Objek tersebut berfungsi untuk memahami dan mengetahui cakupan dari sebuah ilmu pengetahuan.

Objek material yang terdapat di dalam ilmu pengetahuan bisa saja sama antara satu dengan lainnya, namun untuk objek formal pasti berbeda satu sama lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembeda ilmu pengetahuan antara satu sama lain adalah objek formalnya. Berikut adalah syarat dari ilmu pengetahuan:

·       Bersifat logis dan rasional, sehingga kebenarannya dapat diakui.
·       Objektif, yakni sesuai dengan objek yang akan dipelajari dan harus didukung dengan fakta dan data impiris.
·       Metodik yaitu diperoleh dengan cara dan prosedur tertentu.
·       Sistematik yaitu tersusun dalam sebuah sistem yang memiliki keterkaitan di dalamnya.
·       Sifatnya universal artinya ilmu pengetahuan berlaku untuk siapa saja dan di mana saja, juga dengan tata cara serta variabel ekperimentasinya yang lama guna mendapatkan hasil yang sama.
·       Kumulatif berkembang serta tentatif, artinya ilmu pengetahuan selalu dihadiri oleh ilmu baru.


Itulah sedikit pembahasan dari ilmu pengetahuan, semoga bermanfaat ya 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.