Senin, 06 Maret 2017

Mengetahui Lebih Jelas tentang Pengertian Filsafat Ilmu

Tidak banyak orang yang memahami makna dari filsafat ilmu. Hal ini bisa disebabkan karena minimnya materi tersebut diberikan pada saat pendidikan di sekolah. Selain itu, ilmu ini juga dianggap sebagai ilmu yang rumit. Bagaiman tidak dianggap rumit, jika salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang yang mempelajarinya adalah “mengapa hewan sapi memiliki kaki 4?”

Bagi individu yang tidak mempunyai minat mempelajari filsafat, pertanyaaan seperti itu bisa saja dianggap gila, dan jawabannya hanya ada satu karena takdir Tuhan. Namun beda halnya dengan pemikiran para filosofis. Mereka memiliki jawaban atas pertanyaan mendasar seperti itu. Nah, lantas sebenarnya apa itu ilmu filsafat? Mari simak pembahasannya ya 😊

Pengertian Ilmu Filsafat

Ilmu filsafat ialah ilmu yang mengajarkan kepada kita untuk dapat berpikir dengan rasioal dan teoritis. Dalam filsafat akan dijelaskan tentang fenomena yang terjadi di alam semesta dengan penjelasan yang paling rinci, sehingga tidak memungkinkan adanya pemagian penjelasan lebih lanjut. Oleh karena itu, wajar bila sebagian orang beranggapan bahwa filsafat adalah ilmu yang sukar untuk dipahami.

Mungkin sebagian dari kita hanya menikmati dan menyaksikan fenomena tanpa adanya rasa ingin tahu kenyataan dibalik fenomena tersebut. Lain halnya dengan orang yang mempelajari filsafat, ia akan mencari tahu alasan di balik terjadinya sebuah fenomena.

Sementara itu, beberapa ahli juga mencoba untuk mendefinisikan ilmu filsafat menurut teorinya masing-masing. Berikut adalah beberapa pendapat ahli terkait ilmu filsafat:

  • Plato mendefinisikan filsafat sebagai ilmu pengetahun untuk mencari kebenaran yang paling asli dan paling dalam.
  • Aristoteles mengartikan filsafat sebagai ilmu pengetahuan yang terdiri dari kebenaran tentang ilmu metafisika, retorika, ekonomi, etika, logika, politik, serta estetika.
  • Alfarabi menjelaskan bahwa filsafat ialah ilmu yang mempelajari tentang hakikat sebenarnya dari fenomena alam.
  • Rene Descartes menyatakan bahwa filsafaat ialah kumpulan semua ilmu pengetahuan yang membuat Tuhan, alam, serta manusianya menjadi fokus dari penelitian.
  • Langeveld mengartikan filsafat sebagai pola pikir individu terkait masalah yang akan menentukan makna keberadaan Tuhan beserta keabadian dan kebebasanNya.


Jadi, filsafat juga akan membahas tentang bagian terakhir dari segala hal. Terdapat beberapa definisi pokok terkait filsafat oleh kalangan filosofi yakni sebagai berikut:

  • Adanya upaya spekulatif yang digunakan untuk menyajikan sudut pandang sistematik beserta semua relaitasnya.
  • Penyelidikan kritis terhadap pengandaian dan item pernyataan yang diajukan oleh segala bidang ilmu pengetahuan.
  • Berupa disiplin ilmu yang siap membantu individu melihat dan memahami segala fenomena dengan makna yang paling mendalam.
  • Filsafat juga disebut sebagai dasar dari segala bidang ilmu.



Itulah sedikit pembahasan tentang ilmu filsafat, smeoga bermanfaat ya 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.