Senin, 06 Maret 2017

Pengertian Administrasi Negara beserta Pembelajaran di dalamnya

Administrasi negara adalah salah satu cabang ilmu di dalam ilmu sosial. hal ini dibuktikan dengan keberadaan jurusan administrasi negara di fakultas ilmu sosial. nah lantas sebenarnya apa arti dari administrasi negara? Simak artikel berikut ya 😊

Administrasi ialah sebuah istilah yang bersifat universal atau umum, yang meliputi semua aspek kehidupan. Oleh karena itu, ada banyak definisi yang mengartikan tentang administrasi. Namun jika ditarik benang merah, sebenarnya hanya ada 3 unsur pokok dari kegiatan administrasi. Hal ini juga yang akan membedakan apaka sebuah kegiatan layak disebut sebagai aktivitas administrasi atau tidak. Sehingga, administrasi dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas dengan 3 kegiatan pokok yakni tata usaha, sebuah pemerintahan, dan administrasi negara.

Administrasi negara juga memiliki beberapa definisi, yang dibagi menjadi dua kategori. Pertama,  definisi dari sudut pandang lingkungan lembaga eksekutif. Kedua yakni definisi yang dilihat dari cakupan atau ruang lingkup pemerintahan. Disebutkan oleh Kencana, administrasi negara ialah sebuah pembelajara terkait macam-macam badan pemerintahan di sebuah organisasi yang dilengkapi dengan tenaga bantuan, diberikan bantuan biaya, digerakkan, serta dipimpin.

Sementara itu, Dwight Waldo menjelaskan bahwa administrasi negara sebenarnya memiliki 2 makna yakni (1) administrasi negara sebagai organisasi serta manajemen dari manusia dan objek mati atau benda yang digunakan untuk mencapai tujuan pemerintahan, (2) administrasi negara adalah sebuah seni serta ilmu yang digunakan untuk mengatur urusan dan kepentingan negara.

Administrasi negara ialah suatu sistem yang mengatur proses administrasi dimulai dari pembuatan surat sampai pembelajaran mengenai keuangan yang dilakukan guna kepentingan kemajuan dan stabilitias keuangan negara. Ilmu administrasi negara sendiri biasanya digunakan untuk mengatur dan mengawasi kondisi keuangan di sebuah lembaga atau perusahaan juga negara. Salah satu implementasi dari ilmu ini adalah keberadaan matapelajaran akuntansi dan ekonomi pada bangku sekolah. Karena berhubungan dengan angka dan keuangan, kunci untuk kesusksesan pembelajaran ini adalah ketelitian, perhitungan yang cermat, serta ketekunan.

Keteletian dan kecermatan menghitung dibutuhkan guna menghindari terjadinya kesalahan dalam pencatatan atau pembukuan transaksi. Selain keuangan, ada pula pembukuan yang berisi tentang pembukuan surat keluar masuk dari berbagai macam pihak. Karena dalam ilmu ini menganggap bahwa surat adalah hal penting.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ilmu ini sebenarnya juga meliputi pemberkasan atau penyimpanan segala dokumen penting bagi lembaga atau negara, termasuk surat dan keuangan. Selain itu, ada pula tuass untuk membagi keuangan yang ada di administrasi negara, mengatur kebutuhan alat tulis kantor, melakukan pengadaan alat kantor yang bersifat umum misalnya pena dan kertas.
Demikian pembahasan dari administrasi negara. Semoga  bermanfaat ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.