Senin, 06 Maret 2017

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan

Sejak duduk di bangku SD, kita sudah dibekali dengan pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Lantas seberapa penting pendidikan ini hingga harus disampaikan sejak usia dini hingga bangku sekolah mengengah atas dan setara lainnya? Berikut adalah pembahasannya 😊

Pendidikan kewarganegaraan berasal dari istilah bahasa Inggris yakni Civic Education. Pendidikan kewarganegaraan ini dirumuskan untuk melakukan proses persiapan generasi muda guna mengambil peran dan tanggung jawab sebagai bagian dari sosok yang berpengaruh untuk negara di masa mendatang. Menurut Zamroni, pendidikan kewarganegaraan ialah sebuah pendidikan yang berfungsi sebagai pendidikan demokrasi guna menyiapkan kesadaran generasi mudanya untuk berpikir kritis, bertindak rasional dan logis, serta menyiapkan generasi yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotism.

Menurut Branson (1999:4) pendidikan kewarganegaraan ialah pendidiakn yang bertujuan untuk mengembangkan serta menguatkan tentang pemerintahan otonom. Artinya adalah rakyat memiliki keterlibatan aktif di dalam pemerintahan. Sementara itu, Kerr menjelaskan bahwa pendidikan kewarganegaraan dirumuskan dengan cakupan tentang proses persiapan generasi muda untuk mengambil peran serta tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik.

Disebutkan oleh Somantri, pendidikan kewarganegaraan dapat dikembangkan dengan unsur-unsur berikut ini:
  • Hubungan pengetahuan agama dengan hubungan pengetahuan tentang ilmu non agama.
  • Kebudayaan yang berkembang di Indonesia serta tujuan pendidikan negara.
  • Disiplin ilmu yang terkait, khususnya psikologi pendidikan.
  • Dokumen negara khususnya Pancasila dan UUD 1945.
  • Kegiatan dasar dari manusia
  • Pengertian pendidikan dalam ilmu pengetahuan sosial


Demikian pembahasan tentang ilmu PKN, semoga bermanfaat ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.